Senin, 18 Desember 2017

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning together

1.    Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together
Orang yang pertama kali mengembangkan jenis model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (Belajar Bersama) ini adalah David johnson dan Roger Johnson di Universitas Minnesota pada tahun 1999.  Menurut Johnson, & Johnson, (1990) menyatakan bahwa :
This method emphasizes team-building activities before students begin working together and regular discussions within groups about how well they are working together. Numerous relatively brief experiments have shown positive effects of these approaches.
Kemudian menurut Khoirun Nas menyatakan bahwa :
Learning Together adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa yang bekerja dalam kelompok - kelompok beranggota 4 atau 5 orang yang heterogen menangani tugas tertentu. Kelompok - kelompok tersebut menyerahkan satu hasil kelompok. Mereka menerima pujian dan ganjaran berdasarkan pada hasil kelompok tersebut.

Menurut Miftahul huda, (2014:119) Menyatakan model pembelajaran learning toghether siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil, yang masing-masing kelompok diminta untuk menghasilkan suatu produk kelompok, kemudian guru bertugas mengawasi kelompok-kelompok ini berdasarkan lima unsur kooperatif.
Selanjutnya menurut Slavin, (1995:201) menyatakan bahwa In cooperative learning model Learning Together , students formed by 4-5 students to work on a heterogeneous assignment sheet . Each group was given only one worksheet yang artinya Pada model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together, siswa dibentuk oleh 4  – 5 orang siswa yang heterogen untuk mengerjakan sebuah lembar tugas. Setiap kelompok hanya diberikan satu lembar kerja. selanjutnya menurut  johnson, (2011:22) menyatakan In cooperative learning model Learning Together , students formed by 4-5 students to work on a heterogeneous assignment sheet . Each group was given only one worksheet. yang artinya suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa belajar dalam kelompok-kelompok beanggotakan 4-5 orang yang heterogen menyelesaikan tugas tertentu.
Berdasarkan pendapat dari para ahli diatas dapat peneliti simpulkan model pembelajaran learning together adalah model pembelajaran kelompok kecil terdiri dari beberapa orang siswa yang belajar bersama-sama untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu secara bersama-sama.
2.     Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together
Suatu model pembalajaran selalu memiliki fase atau langkah-langkah. Dan langkah-langkah inilah yang menjadi pedoman pendidik dalam menerapkannya dalam proses pembelajaran. Dibawah ini merupakan langkah-langkah model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together menurut Miftahul Huda (2014:119-120) langkah-langkahnya sebagai berikut:
1)   Guru menyajikan pelajaran
2)   Membentuk kelompok yang anggotanya 4 sampai 5 siswa secara heterogen
3)   Masing-masing kelompok menerima lembar tugas untuk bahan diskusi dan menyelesaikannya
4)   Beberapa kelompok mempersentasikan hasil pekerjaaannya
5)   Pemberian pujian dan dan penghargaan berdasarkan hasil kerja kelompok


Langkah-langkah model pembelajaran learning together diatas meupakan tindakan berpola. Pola ini diciptakan agar hasil pembelajaran dengan pengembangan model pembelajaran learning together dapat diajarkan agar dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar.

2 komentar:

  1. terima kasih ilmunya. sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Tithronium Nitride coating
    It titanium dioxide sunscreen is titanium trim hair cutter a solid coating of stainless steel. If you use titanium white octane blueprint this coating and a stainless steel base, you should ceramic vs titanium flat iron have zero exposure to metal. You stainless steel vs titanium apple watch will be

    BalasHapus

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN 1.     Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembela...