1. Pembelajaran IPS
Menurut Nurdin Sumaatmaja dalam (Gunawan,
2013:18) menyatakan bahwa tujuan IPS adalah “Membina anak didik menjadi warga
negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna
bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara”. Selain itu menurut Solihatin
dan Raharjo (2009:14) menyebutkan bahwa “Pada dasarnya tujuan dari pembelajaran
IPS adalah untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk
mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya, serta berbagai
bekal siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.” Senada dengan Tujuan Pembelajaran IPS menurut
Gunawan, (2013:51) adalah sebagai berikut:
a.
Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
b.
Memiliki
kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
c.
Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
d.
Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang
majemuk, ditingkat lokal, nasional, dan global.
Sedangkan menurut
Trianto (2007:128) tujuan utama pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah:
untuk mengembangkan potensi peserta didik
agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap
mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil
mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri
maupun yang menimpa masyarakat.
Puskur dalam
(Trianto, 2007:128) tujuan pembelajaran IPS dapat dirincikan sebagai berikut:
a.
Memiliki
kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui
pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
b.
Mengetahui
dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari
ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah
sosial.
c.
Mampu
menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk
menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
d.
Menaruh
perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat
analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
e.
Mampu
mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab
membangun masyarakat.
Berdasarkan dari pandangan para ahli di atas terkait
tujuan pembelajaran IPS tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan
pembelajaran IPS diharapkan peserta didik mampu memecahkan masalah-masalah sosial
yang terjadi di masyarakat dengan upaya memiliki kemampuan dasar kepada siswa
untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya,
memiliki pengetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta
bagi masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai
sejarah dan kebudayaan masyarakat.
2. Karakteristik
Pembelajaran IPS
Menurut Trianto (2007:126) karakteristik mata
pelajaran IPS di SMP/MTs memiliki beberapa karakteristik antara lain sebagai
berikut:
a.
Ilmu
pengetahuan sosial merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, ekonomi, ilmu
politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan bahkan
juga bidang humaniora, pendidikan, dan agama
b.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS berasal dari struktur keilmuan geografi,
sejarah, ekonomi, dan sosiologi yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi
pokok bahasan atau topik (tema) tertentu.
c.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial
yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
d.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS dapat menyangkut peristiwa dan perubahan
kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan
pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya
perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan,
kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan.
e.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS menggunakan tiga dimensi yaitu ruang,
waktu, nilai/norma dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan
manusia secara keseluruhan.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karateristik IPS adalah
salah satu mata pelajaran yang merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu
yaitu geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi,
psikologi, sosiologi, dan bahkan juga bidang humaniora, pendidikan, dan agama
yang menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner.
silakan kunjungi blog saya di dinamisenak.blogspot.com.
BalasHapusakan ada banyak model pembelajaran yang akan saya publikasikan