Minggu, 26 November 2017

PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

1.    Pembelajaran IPS
Menurut Nurdin Sumaatmaja dalam (Gunawan, 2013:18) menyatakan bahwa tujuan IPS adalah “Membina anak didik menjadi warga negara yang baik, yang memiliki pengetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat dan negara”. Selain itu menurut Solihatin dan Raharjo (2009:14) menyebutkan bahwa “Pada dasarnya tujuan dari pembelajaran IPS adalah untuk mendidik dan memberi bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya, serta berbagai bekal siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.”  Senada dengan Tujuan Pembelajaran IPS menurut Gunawan, (2013:51) adalah sebagai berikut:
a.    Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
b.    Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
c.    Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
d.   Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk, ditingkat lokal, nasional, dan global.

Sedangkan menurut Trianto (2007:128) tujuan utama pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah:
untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.

Puskur dalam (Trianto, 2007:128) tujuan pembelajaran IPS dapat dirincikan sebagai berikut:
a.    Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.
b.    Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
c.    Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat.
d.   Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
e.    Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat.

 Berdasarkan dari pandangan para ahli di atas terkait tujuan pembelajaran IPS tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan pembelajaran IPS diharapkan peserta didik mampu memecahkan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat dengan upaya memiliki kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, kemampuan dan lingkungannya, memiliki pengetahuan, dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta bagi masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat.

2.    Karakteristik Pembelajaran IPS
Menurut Trianto (2007:126) karakteristik mata pelajaran IPS di SMP/MTs memiliki beberapa karakteristik antara lain sebagai berikut:
a.    Ilmu pengetahuan sosial merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan bahkan juga bidang humaniora, pendidikan, dan agama
b.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau topik (tema) tertentu.
c.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
d.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayahan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya perjuangan hidup  agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan.
e.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS menggunakan tiga dimensi yaitu ruang, waktu, nilai/norma dalam mengkaji dan memahami fenomena sosial serta kehidupan manusia secara keseluruhan.



Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karateristik IPS adalah salah satu mata pelajaran yang merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu yaitu geografi, ekonomi, ilmu politik, ilmu hukum, sejarah, antropologi, psikologi, sosiologi, dan bahkan juga bidang humaniora, pendidikan, dan agama yang menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner.

1 komentar:

  1. silakan kunjungi blog saya di dinamisenak.blogspot.com.
    akan ada banyak model pembelajaran yang akan saya publikasikan

    BalasHapus

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN 1.     Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembela...