Senin, 27 November 2017

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER

A.    Kooperatif  Tipe  Numbered Heads Together
Teknik belajar mengajar kepala bernomor (Number Heads Together) dikembangkan oleh Spancer Kagan (1992). Teknik ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide–ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu teknik ini juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka. Teknik ini bisa digunakan dalam semua materi pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik ini juga dapat dilaksanakan pada semua tingkatan usia anak didik (Anita:2010:50) .
Numbered heads together adalah metode belajar dengan cara setiap siswa diberi nomor dan dibuat suatu kelompok ,kemudian secara acak ,guru memanggil nomor siswa (Hamdani,M.A. 2011:89)ada 4 langkah yaitu: penomoran, mengajukan pertanyaan, berfikir bersama, dan menjawab.Setiap siswa diberi nomor kemudian dibuat suatu kelompok kemudian secara acak guru memanggil nomor dari siswa.
Langkah – langkah pelaksanan pembelajaran Numbered heads together
a)      Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
b)      Guru memberikan tugas dan tiap-tiap kelompok disuruh untuk mengerjakanya .
c)      Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan bahwa setiap angota kelompok dapat mengerjakanya.
d)     Guru memanggil salah satu nomor siswa dan siswa nomornya dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka.
e)      Siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan ,kemudian guru lain menunjuk nomor lain.
f)       Kesimpulan.

B.     Kelebihan dan KelemahanMetode Numbered Heads Together
1.      Kelebihan metode numbered head together
a)      Setiap siswa menjadi siap semua
b)     Siswa dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh
c)      Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
2.      Kelemahan metode numbered heads together
a)      Kemungkinan nomor yang dipanggil,akan dipanggil lagi oleh guru

b)     Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN 1.     Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembela...