1.
Pembelajaran Everyone Is Teacher Here
Metode
pembelajaran Every One Is Teacher Here (semua orang adalah guru),
adalah pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan
mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan
tuntutan kompetensi, untuk mengembangkan Interaksi pembelajaran siswa dilakukan
dengan siswa menulis pertanyaan dikartu index dan mempersiapkan jawabannya, dan
berkomunikasi karena dengan berkomunikasi pembelajaran dititik beratkan pada
hubungan antar individu dan sumber belajar yang lain dan berorientasi pada
kemampuan individu untuk berhubungan dengan sumber belajar tersebut. Tehnik
pembelajaran ini memotivasi semua siswa untuk aktif dan memberi kesempatan pada
siswa untuk mengajar temannya dan mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu
yang sama, serta dapat membuat pertanyaan dan mengemukakan pendapat.
Agus
Suprijono, (2009:110) menyatakan Metode pembelajaran every one is
teacher here (setiap orang adalah
guru) merupakan tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan
maupun individu. Sedangkan Sodiq (2001: 21), metode every one is teacher
here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses
pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh
pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu
meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuanmenganalisa masalah,
kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan
pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Bedasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan metode
every one is teacher here merupakan metode pembelajaran yang dapat
meningkatkan proses pembelajaran siswa dan hasil belajar siswa.
1. Langkah-Langkah
Metode Pembelajaran Every One Is
Teacher Here
Suatu model pembalajaran selalu memiliki fase atau
langkah-langkah. Dan langkah-langkah inilah yang menjadi pedoman pendidik dalam
menerapkannya dalam proses pembelajaran. Dibawah ini merupakan langkah-langkah metode every one is
teacher here Agus Suprijono (2009: 110)
langkah-langkahnya sebagai berikut:
1)
Berikan bahan bacaan
dan meminta peserta untuk membaca bahan tersebut.
2)
Mintalah setiap
peserta untuk membuat pertanyaan dari bahan tersebut dan ditulis dikertas.
3)
Kocoklah kertas
pertanyaan tersebut, lalu bagikan kembali pada semua peserta.
4)
Mintalah peserta
dalam hati sambil memikirakan jawabannya dari pertanyaan tersebut.
5)
Panggil secara
bergantian untuk membaca prtanyaan dan jawaban masing-masing.
6)
Minta peserta lain
untuk membei tanggapan
Langkah-langkah
metode every one is
teacher here diatas
meupakan tindakan berpola. Pola ini diciptakan agar hasil pembelajaran dengan
pengembangan metode
every one is teacher here dapat
diwujudkan.
2. Prinsip Metode Pembelajaran Every One Is Teacher Here
Dibawah
ini merupakan tujuh prinsip pokok metode Pembelajaran Every
One Is Teacher Here yang harus diterapkan oleh seorang
guru dalam pengajaran, yaitu:
a)
Mengetahui motivasi, kebutuhan, dan minat anak
didiknya;
b)
Tujuan pendidikan yang sudah diterapkan sebelum
pelaksanaan pendidikan;
c)
mengetahui tahap kematangan (maturity),
perkembangan, serta perubahan anak didik;
d) Mengetahui
perbedaan-perbedaan individu anak didik;
e)
Memperhatikan pemahaman dan mengetahui
hubungan-hubungan, dan kebebasan berfikir;
f)
Menjadikan proses pendidikan sebagai pengalaman yang
menggembirakan bagi anak didik; dan
g)
Menegakkan contoh yang baik.
Http://aginista.blogspot.com/2013/02/metode-pembelajaran-every-one-is.html
Sumber :
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Http://aginista.blogspot.com/2013/02/metode-pembelajaran-every-one-is.html
Suprijono, Agus
(2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka
Pelajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar