Minggu, 26 November 2017

Pengertian metode Pembelajaran Everyone Is Teacher Here

dinamisenak.blogsopt.caom
1.      Pembelajaran Everyone Is Teacher Here

Metode pembelajaran Every One Is Teacher Here  (semua orang adalah guru), adalah pembelajaran yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi, untuk mengembangkan Interaksi pembelajaran siswa dilakukan dengan siswa menulis pertanyaan dikartu index dan mempersiapkan jawabannya, dan berkomunikasi karena dengan berkomunikasi pembelajaran dititik beratkan pada hubungan antar individu dan sumber belajar yang lain dan berorientasi pada kemampuan individu untuk berhubungan dengan sumber belajar tersebut. Tehnik pembelajaran ini memotivasi semua siswa untuk aktif dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengajar temannya dan mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang sama, serta dapat membuat pertanyaan dan mengemukakan pendapat.
Agus Suprijono, (2009:110) menyatakan Metode pembelajaran every one is teacher here (setiap orang adalah guru) merupakan tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan maupun individu. Sedangkan Sodiq (2001: 21), metode every one is teacher here yaitu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya mencapaian tujuan yaitu meliputi aspek: kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuanmenganalisa masalah, kemampuan menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan, kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain.
Bedasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan metode every one is teacher here merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa dan hasil belajar siswa.
1.      Langkah-Langkah Metode Pembelajaran Every One Is Teacher Here
Suatu model pembalajaran selalu memiliki fase atau langkah-langkah. Dan langkah-langkah inilah yang menjadi pedoman pendidik dalam menerapkannya dalam proses pembelajaran. Dibawah ini merupakan langkah-langkah metode every one is teacher here Agus Suprijono (2009: 110) langkah-langkahnya sebagai berikut:
1)        Berikan bahan bacaan dan meminta peserta untuk membaca bahan tersebut.
2)        Mintalah setiap peserta untuk membuat pertanyaan dari bahan tersebut dan ditulis dikertas.
3)        Kocoklah kertas pertanyaan tersebut, lalu bagikan kembali pada semua peserta.
4)        Mintalah peserta dalam hati sambil memikirakan jawabannya dari pertanyaan tersebut.
5)        Panggil secara bergantian untuk membaca prtanyaan dan jawaban masing-masing.
6)        Minta peserta lain untuk membei tanggapan

Langkah-langkah metode every one is teacher here diatas meupakan tindakan berpola. Pola ini diciptakan agar hasil pembelajaran dengan pengembangan metode every one is teacher here dapat diwujudkan.
2.      Prinsip Metode Pembelajaran Every One Is Teacher Here
Dibawah ini merupakan tujuh prinsip pokok metode Pembelajaran Every One Is Teacher Here  yang harus diterapkan oleh seorang guru dalam pengajaran, yaitu:
a)   Mengetahui motivasi, kebutuhan, dan minat anak didiknya;
b)   Tujuan pendidikan yang sudah diterapkan sebelum pelaksanaan pendidikan;
c)    mengetahui tahap kematangan (maturity), perkembangan, serta perubahan anak didik;
d)  Mengetahui perbedaan-perbedaan individu anak didik;
e)   Memperhatikan pemahaman dan mengetahui hubungan-hubungan, dan kebebasan berfikir;
f)    Menjadikan proses pendidikan sebagai pengalaman yang menggembirakan bagi anak didik; dan
g)   Menegakkan contoh yang baik.
Http://aginista.blogspot.com/2013/02/metode-pembelajaran-every-one-is.html

Sumber :
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Http://aginista.blogspot.com/2013/02/metode-pembelajaran-every-one-is.html
Suprijono, Agus (2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN 1.     Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembela...