Model Pembelajaran Snowball Drilling
a.
Pengertian Model Pembelajaran Snowball Drilling
Metode
snowball drilling dikembangkan untuk
menguatkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari membaca bahan-bahan
bacaan (Agus Suprijono, 2011 :106). Pembelajaran koooperatif tipe snowbll
drilling merupakan pembelajara yang dapat digunakan untuk memberikan konsep
pemahaman materi yang sulit kepada siswa
serta dapat digunakan untuk mengetaui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan
siswa dapat materi tersebut.
Pada
model pembelajaran snowball drilling
siswa dibentuk menjadi beberapa siswa kelompok yang diwakili ketua kelompok
untuk mendapat tugas dari guru,kemudian masing-masing siswa membuatpertanyaan
yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang
masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.
Model
Pembelajaran snowball drilling
melatih siawa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain,dan
menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.Lemparan
pertanyaan tidak menggunakan tongkat seperti model pembelajaran Talking Stik
akan tetapi menggunaka kertas berisi pertanyaan yang dikeas menjadi sebuah bola
kertas lalu dilempar-lemparkan kepada siswa lain.Siswa yang mendapat bola kertas
lalu membuka dan menjawabpertanyaannya (http://wywid.wordpress.com/2013/12/09model pembelajaran snowballl drilling. Langkah-langkah
pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling adalah sebagai berikut.
1)
Guru
menyampaikan materi yang akan di sajikan.
2)
Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi.
3)
Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompok nya masing-masing kemudian menjelaskan
materi yang disampaikan oleh guru kepada teman nya.
4)
Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok.
5)
Kemudian
kertas tersebut dibuat seperti bola salju dan dilempar dari siswa yang satu ke
siswa yang lain nya selama +15 menit.
6)
Setelah
siswa dapat satu bola diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian.
7)
Evaluasi
(suprijono,2010:128)
b.
Kelebihan Model Cooperatif Learning Tipe Snowball Drilling
1)
Melatih
kesiapan siswa.
2)
Saling
memberikan pengetahuan.
c.
Kekurangan Model
Cooperatif Learning Tipe Snowball Drilling
1)
Pengetahuan
tidak luas hanya berkuat pada pengetahuan sekitar siswa.
2)
Tidak
efektif.
2.
Metode
Cooperatif Learning Tipe Snowball Drilling
Metode
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur atau
lankah-langkah pembelajaran secara sistematis untuk mencapai tujuan
pembelajaran tertentu. Pembelajaran adalah suatu kegaiatan yang dilakukan
secara sadar dan sengaja, oleh karen itu pembelajaran pasti mempunyai tujuan.
Tujuan pembelajaran adalah membanu kepada siswa agar memperoleh berbagai
pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laku siswa bertambah baik kualitas
maupun kuantiasnya.
Pembelajaran
juga diartikan sebagai usaha unuk mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya
dengan siswa dan bahan pengajaran yang menimbulkan proses belajar. Pembelajaran
kooperaif adalah salah sau bentuk pembelajaran yang menggunakan paham
konrukisme. Pembelajaran ooperatif merupakan strategi belajar dimana siswa
dibagi dalam kelompok kecil yang tingkat kemampuannya yang berbeda. Dalam
pembelajaran tersebut terdapat kesepakatan dalam diri siswa untuk meningkatkan
pencapaian belajar siswa sehingga meningkatkan daya ingat dan memiliki hasil
belajar, yaitu tindakan yang positif terhadap pembelajaran.
Cooperative learning tipe snowball drilling merupakan pembelajaran
yang dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada
siswa serta dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan
kemampuan siswa dalam materi tersebut. Pada modelpembelajaran snowball drilling
siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk
mendapatkan tugas masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seprti
bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa
menjawab pertanyaan dari boleh yang diperoleh. Model pembelajaran snowball
drilling melaih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan
menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar