Sabtu, 06 Oktober 2018

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL DRILLING


Model Pembelajaran  Snowball Drilling
a.      Pengertian Model Pembelajaran Snowball Drilling
Metode snowball drilling dikembangkan untuk menguatkan pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari membaca bahan-bahan bacaan (Agus Suprijono, 2011 :106). Pembelajaran koooperatif tipe snowbll drilling merupakan pembelajara yang dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa  serta dapat digunakan untuk mengetaui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa dapat materi tersebut.
Pada model pembelajaran snowball drilling siswa dibentuk menjadi beberapa siswa kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru,kemudian masing-masing siswa membuatpertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.
Model Pembelajaran snowball drilling melatih siawa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain,dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.Lemparan pertanyaan tidak menggunakan tongkat seperti model pembelajaran Talking Stik akan tetapi menggunaka kertas berisi pertanyaan yang dikeas menjadi sebuah bola kertas lalu dilempar-lemparkan kepada siswa lain.Siswa yang mendapat bola kertas lalu membuka dan menjawabpertanyaannya (http://wywid.wordpress.com/2013/12/09model pembelajaran snowballl drilling. Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling adalah sebagai berikut.
1)      Guru menyampaikan materi yang akan di sajikan.
2)      Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
3)      Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompok nya masing-masing kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada teman nya.
4)      Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
5)      Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola salju dan dilempar dari siswa yang satu ke siswa yang lain nya selama +15 menit.
6)      Setelah siswa dapat satu bola diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
7)      Evaluasi
 (suprijono,2010:128)

b.      Kelebihan Model Cooperatif Learning Tipe Snowball Drilling
1)      Melatih kesiapan siswa.
2)      Saling memberikan pengetahuan.

c.       Kekurangan Model Cooperatif Learning Tipe Snowball Drilling
1)      Pengetahuan tidak luas hanya berkuat pada pengetahuan sekitar siswa.
2)      Tidak efektif.

2.      Metode Cooperatif Learning Tipe Snowball Drilling
Metode pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur atau lankah-langkah pembelajaran secara sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran adalah suatu kegaiatan yang dilakukan secara sadar dan sengaja, oleh karen itu pembelajaran pasti mempunyai tujuan. Tujuan pembelajaran adalah membanu kepada siswa agar memperoleh berbagai pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laku siswa bertambah baik kualitas maupun kuantiasnya.
Pembelajaran juga diartikan sebagai usaha unuk mengorganisasi lingkungan dalam hubungannya dengan siswa dan bahan pengajaran yang menimbulkan proses belajar. Pembelajaran kooperaif adalah salah sau bentuk pembelajaran yang menggunakan paham konrukisme. Pembelajaran ooperatif merupakan strategi belajar dimana siswa dibagi dalam kelompok kecil yang tingkat kemampuannya yang berbeda. Dalam pembelajaran tersebut terdapat kesepakatan dalam diri siswa untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa sehingga meningkatkan daya ingat dan memiliki hasil belajar, yaitu tindakan yang positif terhadap pembelajaran.
               Cooperative learning tipe snowball drilling merupakan pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit kepada siswa serta dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kemampuan siswa dalam materi tersebut. Pada modelpembelajaran snowball drilling siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapatkan tugas masing-masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seprti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari boleh yang diperoleh. Model pembelajaran snowball drilling melaih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN 1.     Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembela...