1.
Pengertian Metode
Demonstrasidinamisenak.blogspot.com
Metode demonstrasi merupakan metode yang paling
sederhana dibandingkan metode-metode mengajar lainnya. Metode demonstrasi
adalah pertunjukan proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada
penampilan tingkah laku yanag dicontoh agar dapat diketahui dan dipahami
perserta didik.
Abdul
Majid, (2014:197) mengemukakan bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu yang
cukup efektif karena membantu siswa untu mencari jawaban dengan usaha sendiri
berdasarkan fakta atau data yang benar. Saiful Sagala (2013:210) Metode
demonstrasi adalah petunjuk tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau
benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui
dan dipahami oleh peserta didik secara nyata.
Dari
pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi adalah
metode yang digunakan oleh seorang guru atau orang luar yang sengaja
didatangkan atau murid sekalipun untuk mempertunjukan gerakan-gerakan dengan
suatu proses dengan prosedur yang benar
disertai dengan keterangan-keterangan pada peserta didik..
2.
Kelebihan
Dan Kekurangan Metode
Demonstrasi
Metode
Demonstrasi merupakan metode yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam
belajar, seperti metode pembelajaran
lainnya metode ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dan kekurangan akan dijelaskan
dibawah ini:
a) Kelebihan
Metode Demonstasi
Setiap
metode pembelajaran selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga
dengan metode demonstrasi Abdul
majid (2014: 199)
menyatakan kelebihan metode demonstrasi adalah sebagai berikut :
1) Melalui metode demonstrasi terjadinya
verbalisme akan dapat dihindari, siswa disuruh langsung memperhatikan bahan
pelajaran yang dijelaskan.
2) Proses
pembelajaran akan lebih menarik
3) Dengan
cara mengamati secara langsung siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan
antara teori dan kenyataan.
Kelebihan
yang diungkapkan para ahli di atas, metode demonstrasi merupakan metode belajar
yang dapat memotivasi, mengembangkan skiil, keterampilan serta dapat menjadikan
peserta didik menjadi pembelajar yang mandiri dan independen dalam mengatasi
masalah dalam proses pembelajaran.
b) Kelemahan
Metode Demonstrasi
Metode
pembelajaran selalu memiliki kelemahan dan kelemahan itulah yang harus segera
diatasi, untuk mengatasi kelemahan-kelamahan metode pembelajaran perlu adanya keseriusan
dari pendidik dan peserta didik serta sarana dan prasarana yang memadai, dibawah
ini merupakan kelemahan metode demonstrasi Abdul
Majid ( 2014: 201-202)
yaitu:
1) Memerlukan
keterampilan guru secara khusus.
2) Memerlukan
waktu yang banyak.
3) Memerlukan
kematangan dalam perancangan atau persiapan.
4) Keterbatasan
dalam sumber belajar, alat pelajaran, situasi yang harus dikondisikan dan waktu
untuk mendemonstrasikan.
Adapun
kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi merupakan sisi positif dan negatif
yang harus diperhatikan agar dalam pelaksanaannya proses metode demonstrasi dapat
berjalan sesuai dengan baik. pada kenyataannya, tidak semua guru memahami
konsep pembelajaran demonstrasi, baik karena disebabkan oleh kurangnya
keinginan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas keilmuan maupun kurangnya
dukungan sistem untuk meningkatkan kualitas keilmuan tenaga pendidik. Maka
perlu kiranya komitmen bersama-sama untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas
kinerja pendidik agar dalam pelaksanaannya selama proses pembelajaran guru
dapat menutupi kekurangan metode demonstrasi.
3. Langkah-Langkah Metode Demonstrasi
Suatu metode pembalajaran
selalu memiliki fase atau langkah-langkah. Langkah-langkah inilah yang menjadi
pedoman pendidik dalam menerapkannya dalam proses pembelajaran. Dibawah ini merupakan
langkah-langkah metode demonstrasi, Abdul Majid (2014: 198-199) langkah-langkahnya
sebagai berikut:
a.
Tahap Persiapan
Hal yang dilakukan adalah:
1) Merumuskan
tujuan yang jelas baik dari sudut kecakapan atau kegiatan yang diharapkan dapat
ditempuh setelah metode demonstrasi berakhir.
2) Menetapkan
garis-garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilaksanakan.
3) Memperhitungkan
waktu yang dibutuhkan.
4) Melakukan uji coba
demonstrasi
b. Tahap Pelaksanaan
1.
Langkah Pembukaan
Memeriksa
hal-hal di atas untuk kesekian kalinya.
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang
harus diperhatikan diantaranya:
a)
mengatur tepat duduk yang memungkinkan siswa dapat
memperhatikan dengan jelas. Apa yang didemonstrasikan
b)
mengemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa
c)
mengemukan tugas-tugas apa yang haru dilakukan oleh
siswa.
2.
Langkah pelaksanaan demonstrasi
a)
Mulailah kegiatan demonstrasi yang merangsang siswa
untuk berpikir.
b)
ciptakan suasana yang menyejukan dengan menghindari
suasana yang menegangkan.
c)
Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya
demonstrasi dengan memperhatikan seluruh siswa.
d)
Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara efektif
memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi.
3.
Langkah Mangakhiri demonstrasi
Hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
a)
Kegiatan ini dapat berupa pemberian tugas,
seperti membuat laporan, menjawab pertanyaan, mengadakan latihan lebih lanjut.
Selain itu, guru dan peserta didik mengadakan
b)
evaluasi terhadap demonstrasi yang dilakukan,
apakah sudah berjalan efektif sesuai dengan yang diharapkan.
Langkah-langkah metode demonstrasi di atas merupakan tindakan berpola. Pola ini
diciptakan agar hasil pembelajaran dengan pengembangan metode demonstrasi dapat diwujudkan.
Thanks kak.. karenamu aku paham tentang Demonstrasi (walau aku masih bingung dia masuk ke model atau ke metode cz banyak sumber yang menyatakan keduanya. heheh).
BalasHapuskunjungi juga blog saya di mmeaddres1922.blogspot.com