Selasa, 05 Desember 2017

Metode Pembelajaran Demonstrasi

1.         Pengertian Metode Demonstrasidinamisenak.blogspot.com
Metode demonstrasi merupakan metode yang paling sederhana dibandingkan metode-metode mengajar lainnya. Metode demonstrasi adalah pertunjukan proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yanag dicontoh agar dapat diketahui dan dipahami perserta didik.
Abdul Majid, (2014:197) mengemukakan bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu yang cukup efektif karena membantu siswa untu mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta atau data yang benar. Saiful Sagala (2013:210) Metode demonstrasi adalah petunjuk tentang proses terjadinya suatu peristiwa atau benda sampai pada penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat diketahui dan dipahami oleh peserta didik secara nyata.
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi adalah metode yang digunakan oleh seorang guru atau orang luar yang sengaja didatangkan atau murid sekalipun untuk mempertunjukan gerakan-gerakan dengan suatu proses  dengan prosedur yang benar disertai dengan keterangan-keterangan pada peserta didik..
2.      Kelebihan Dan Kekurangan Metode Demonstrasi
Metode Demonstrasi merupakan metode yang dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar, seperti metode  pembelajaran lainnya metode ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.
 Kelebihan dan kekurangan akan dijelaskan dibawah ini:
a)    Kelebihan Metode Demonstasi
Setiap metode pembelajaran selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan metode demonstrasi Abdul majid (2014: 199) menyatakan kelebihan metode demonstrasi adalah sebagai berikut :
1)   Melalui metode demonstrasi terjadinya verbalisme akan dapat dihindari, siswa disuruh langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaskan.
2)   Proses pembelajaran akan lebih menarik
3)   Dengan cara mengamati secara langsung siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan.

Kelebihan yang diungkapkan para ahli di atas, metode demonstrasi merupakan metode belajar yang dapat memotivasi, mengembangkan skiil, keterampilan serta dapat menjadikan peserta didik menjadi pembelajar yang mandiri dan independen dalam mengatasi masalah dalam proses pembelajaran.
b)   Kelemahan Metode Demonstrasi
Metode pembelajaran selalu memiliki kelemahan dan kelemahan itulah yang harus segera diatasi, untuk mengatasi kelemahan-kelamahan metode pembelajaran perlu adanya keseriusan dari pendidik dan peserta didik serta sarana dan prasarana yang memadai, dibawah ini merupakan kelemahan metode demonstrasi Abdul Majid ( 2014: 201-202) yaitu:
1)   Memerlukan keterampilan guru secara khusus. 
2)   Memerlukan waktu yang banyak.
3)   Memerlukan kematangan dalam perancangan atau persiapan.
4)   Keterbatasan dalam sumber belajar, alat pelajaran, situasi yang harus dikondisikan dan waktu untuk mendemonstrasikan.

Adapun kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi merupakan sisi positif dan negatif yang harus diperhatikan agar dalam pelaksanaannya proses metode demonstrasi dapat berjalan sesuai dengan baik. pada kenyataannya, tidak semua guru memahami konsep pembelajaran demonstrasi, baik karena disebabkan oleh kurangnya keinginan dan motivasi untuk meningkatkan kualitas keilmuan maupun kurangnya dukungan sistem untuk meningkatkan kualitas keilmuan tenaga pendidik. Maka perlu kiranya komitmen bersama-sama untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja pendidik agar dalam pelaksanaannya selama proses pembelajaran guru dapat menutupi kekurangan metode demonstrasi.
3.    Langkah-Langkah Metode Demonstrasi
Suatu metode pembalajaran selalu memiliki fase atau langkah-langkah. Langkah-langkah inilah yang menjadi pedoman pendidik dalam menerapkannya dalam proses pembelajaran. Dibawah ini merupakan langkah-langkah metode demonstrasi, Abdul Majid (2014: 198-199) langkah-langkahnya sebagai berikut:

a.         Tahap Persiapan
Hal yang dilakukan adalah:
1)   Merumuskan tujuan yang jelas baik dari sudut kecakapan atau kegiatan yang diharapkan dapat ditempuh setelah metode demonstrasi berakhir.
2)   Menetapkan garis-garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilaksanakan.
3)   Memperhitungkan waktu yang dibutuhkan.
4)   Melakukan uji coba demonstrasi
b.      Tahap Pelaksanaan
1.     Langkah Pembukaan
Memeriksa hal-hal di atas untuk kesekian kalinya.
Sebelum demonstrasi dilakukan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:
a)    mengatur tepat duduk yang memungkinkan siswa dapat memperhatikan dengan jelas. Apa yang didemonstrasikan
b)   mengemukakan tujuan apa yang harus dicapai oleh siswa
c)    mengemukan tugas-tugas apa yang haru dilakukan oleh siswa.
2.    Langkah pelaksanaan demonstrasi
a)    Mulailah kegiatan demonstrasi yang merangsang siswa untuk berpikir.
b)   ciptakan suasana yang menyejukan dengan menghindari suasana yang menegangkan.
c)    Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memperhatikan seluruh siswa.
d)   Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara efektif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi.
3.    Langkah Mangakhiri demonstrasi
Hal-hal yang perlu dilakukan adalah:
a)    Kegiatan ini dapat berupa pemberian tugas, seperti membuat laporan, menjawab pertanyaan, mengadakan latihan lebih lanjut. Selain itu, guru dan peserta didik mengadakan
b)    evaluasi terhadap demonstrasi yang dilakukan, apakah sudah berjalan efektif sesuai dengan yang diharapkan.


Langkah-langkah metode demonstrasi di atas merupakan tindakan berpola. Pola ini diciptakan agar hasil pembelajaran dengan pengembangan metode demonstrasi dapat diwujudkan. 

1 komentar:

  1. Thanks kak.. karenamu aku paham tentang Demonstrasi (walau aku masih bingung dia masuk ke model atau ke metode cz banyak sumber yang menyatakan keduanya. heheh).

    kunjungi juga blog saya di mmeaddres1922.blogspot.com

    BalasHapus

PENGERTIAN DAN LANGKAH-LANGKAH MODEL/METODE/STRATEGI PEMBELAJARAN 1.     Pengertian Model Pembelajaran Istilah model pembela...